Selasa, 14 November 2017

Contoh Proposal Pengajuan Dana Lomba ke Rektorat Unsri




PROPOSAL PENDELEGASIAN
 IDEAS SUMMIT UGM BATCH 3 UNIVERSITAS GAJAH MADA 2017
Yogyakarta, 7 - 9 Maret 2017

1.    LATAR BELAKANG
I.1. Latar Belakang Partisipasi Kegiatan
Sriwijaya University goes to World Class University dan Palembang Kota Internasional adalah visi Universitas Sriwijaya dan Kota Palembang dalam upaya keterlibatan peran serta perbaikan kualitas pendidikan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berintergritas dan kompetitif, serta mampu berkolaborasi dengan level yang setara dengan akademisi dari negara lain.
Salah satu bentuk peningkatan kualitas pendidikan adalah melalui ajang kompetisi dan diplomasi. Dalam kompetisi dan diplomasi akan tercipta suatu iklim pencerdasan dan peningkatan mutu yang baik untuk penyelenggara dan peserta. Demi mewujudkan visi tersebut, keterlibatan mahasiswa dalam berbagai kegiatan akademik taraf nasional dan internasional sangat perlu ditingkatkan. Berkenaan dengan hal tersebut, dalam IDEAS (Indonesia Studentpreneur) Summit UGM Batch 3 Universitas Gajah Mada 2017” ini, kami sebagai mahasiswa Universitas Sriwijaya akan ikut berpartisipasi dalam peran mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa yang harus bisa memberi solusi atau penyelesaian terhadap berbagai masalah nasional maupun internasional. Keikutsertaan dalam ajang  ini juga diharapkan agar dapat  meningkatkan nama Universitas Sriwijaya, Kota Palembang, Sumatera Selatan, dan Indonesia dalam tingkat internasional khususnya.
1.2.  Latar Belakang Kegiatan
Kewirausahaan merupakan sebuah aset yang harus dikembangkan, mengingat negara kita kaya akan SDA, SDM yang sangat mendukung, kita lihat negara yang maju adalah negara yang dominan warganya berwirausaha, negara Singapur dan German, merupakan contoh kongkret dari negara yang sukses dari sebuah kewirausahaan, di indonesia data kewirahusahaan menurut BI adalah berjumlah 0,02%, sedangkan negara yang bisa dikatakan maju ketika wirausahawanya telah bisa mencapai 3-5%. Atas dasar inilah IDEAS Summit Batch 3 UGM ditahun 2017 hadir sebagai sebuah kegiatan yang mempu mewadahi ide-ide berlian tentang entrepreneur secara lebih massive ditingkat nasional, labih khusus lagi dalam kalangan mahasiswa. Melalui berbagai serangkaian acara inti seperti konferensi serta Talkshow Nasional, yang melibatkan mahasiswa dari berbagai universitas nasional dan berbagai disiplin ilmu, diharapkan mampu menjadikan momentum untuk membangkitkan jiwa enttrepreneur muda.
Melalui berbagai acara yang ada, diharapkan nantinya kegiatan IDEAS Summit Batch 3 UGM mampu memberikan sebuah terobosan baru terhadap berbagai permasalahan ekonomi dan pembangunan di Indonesia. Selain itu, event ini nantinya akan menghasilkan output yang bermanfaat bagi masyarakat secara luas berupa pembukuan ide proposal peserta. Melalui paduan berbagai ide-ide cemerlang putra-putri terbaik Indonesia diharapkan nantinya ada sebuah terobosan yang dihasilkan untuk menyelaraskan dan menjawab berbagai permasalan ekonomi dan mampu berujung pada terwujudnya cita-cita kesejahteraan rakyat Indonesia secara keseluruhan.
I.3. Dasar Kegiatan
Kegiatan ini mempunyai landasan dalam melaksanakan kegiatannya yaitu:
1.         Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2.       AD/ART Ikatan Keluarga Mahasiswa Manajemen Fakultas
Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada
3.      Rapat kerja Ikatan Keluarga Mahasiswa Manajemen Fakultas
Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada 2016/2017
4.      Program kerja dari Ikatan Keluarga Mahasiswa Manajemen Fakultas
Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada 2017
5.         
II. DESKRIPSI KEGIATAN
Tema kegiatan ini adalah “Mewujudkan Sociopreneur Kreatif Terhadap Kemajuan Potensi Daerah IndonesiaIDEAS (Indonesia Studentpreneur) Summit Batch #3 merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian acara The 11th Management’s Events, sebuah acara tahunan terbesar yang diadakan oleh Ikatan Keluarga Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada. Tahun ini IDEAS Summit turut serta mendukung program “Nawa Cita” (poin tiga) pemerintahan Jokowi yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. IDEAS adalah adalah sebuah summit yang diselingi oleh insight session, ideas challange & trip dan field trip. Tahun ini, IDEAS Summit telah memasuki tahun ketiga, setelah tahun pertama dan kedua telah terlaksana dengan sukses dan disertai dengan antusiasme yang tinggi. Sasaran utama dari IDEAS Summit adalah mahasiswa diploma dan S-1 dengan berbagai latar belakang ilmu di seluruh Indonesia yang memiliki minat di bidang pariwisata, kebudayaan, dan sociopreneurship. Delegasi dapat memberikan ide-ide baru dalam menanggulangi permasalahan daerah masingmasing dan upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di Indonesia khusunya dalam daerah masing-masing. IDEAS Summit Batch #3 mengundang delegasi dari daerah-daerah di Indonesia beranggotakan tiga orang pada tiap-tiap timnya. Setiap tim akan memberikan ide-ide nya dalam menciptakan sebuah proyek sosial melalui pariwisata dan kebudayaan Indonesia. Ide terbaik akan diberikan kesempatan untuk dikembangkan lebih lanjut melalui rangkaian kegiatan IDEAS Summit dan delegasi terbaik akan mendapatkan funding untuk mengembangkan proyek sosial mereka Tim diminta untuk menjawab pertanyaan essay di dalam formulir pendaftaran dan menjelaskan proyek sosial yang ingin direncanakan. Setelah melengkapi dan mengirimkan berkas registrasi, bagi tim yang memenuhi aspek penilaian dan persyaratan akan menerima email konfirmasi yang menyatakan peserta berhak mmengikuti rangkaian IDEAS Summit Batch 3 di Yogyakarta.
III. TUJUAN KEGIATAN
1. Tujuan Umum
Secara umum rangkaian kegiatan ditujukan untuk mengasah berbagai gagasan dan pemikiran mahasiswa yang diharapkan akan memberi kontribusi nyata bagi upaya meningkatkan peran pemuda pada ranah socio entrepreneur dan sebagai penguatan karakter pemuda Indonesia.
2. Tujuan Khusus
Tujuan utama dari pelaksanaan kegiatan ini adalah:
1. Membangun dan meningkatkan kesadaran para pemuda akan pentingnya jiwa kewirausahaan
2. Membangun sifat kritis dan mengasah gagasan para pemuda dalam membangun dan mengembangkan potensi di daerah asal.
3. Memfasilitasi para peserta lomba Ideas Summit UGM Batch 3 UGM 2017
4. Membantu memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi oleh masyarakat dalam hal ekonomi.
5. Sebagai sarana edukasi dan penyampaian informasi, baik kepada mahasiswa maupun
Umum.
IV. SASARAN KEGIATAN
Sasaran kegiatan IDEAS (Indonesia Studentpreneur) Summit Batch #3 adalah seluruh mahasiswa/i terpilih dari seluruh Universitas di Indonesia.
V. ALUR, WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
1 Oktober 2016 | Pembukaan registrasi pendaftaran
13 November 2016 | Batas akhir pengumpulan berkas pendaftaran
6 Januari 2017 | Pengumuman 20 tim yang lolos seleksi pendaftaran
6 Maret 2017 | Technical Meeting
7 Maret 2017 | Insight Session dan Summit
8 Maret 2017 | ICE Trip (Ideas Challange and Trip)
8 - 9 Maret 2017 | Field Trip ke Desa Wisata Tembi
9 Maret 2017 | Closing Banquet-Awarding Night
ALUR REGISTRASI
 Pendaftaran
1. Mahasiswa S1/D3 aktif di perguruan tinggi di Indonesia;
2. Membentuk tim yang terdiri atas tiga peserta, dari perguruan tinggi atau institusi
    pendidikan yang sama namun dapat berasal dari fakultas/prodi berbeda
3. Untuk melengkapi proses registrasi, peserta wajib membayar biaya pendaftaran
sebesar Rp.135.000,00 / tim ke salah satu rekening dibawah ini:
a. Bank Mandiri
900-00-3929671-1 (a.n Annisa Ria Gitanjali)
b. Bank BCA
1221216071 (a.n Tunjung Laksita Ayu)
4. Membuka website www.me.feb.ugm.ac.id lalu klik “ IDEAS Summit ‟
5. Membaca seluruh syarat dan ketentuan lengkap, lalu unduh formulir pendaftaran.
6. Tim mengisi formulir pendaftaran dan melengkapi berkas pendaftaran yang
meliputi:
a. Formulir pendaftaran yang berisi jawaban pertanyaan essay
b. CV masing-masing peserta
c. Foto/Scan Kartu Tanda Mahasiswa atau kartu identitas apapun dari
universitas
d. Foto/Scan bkti pembayaran registrasi
7. Klik “ Submit “, lalu unduh formulir pendaftaran dan berkas pendaftaran
8. Apabila proses registrasi telah tervalidasi, maka peserta akan mendapatkan
pemberitahuan, baik melalui email maupun sms. Dan pengumuman 20 tim terbaik
akan diumumkan di website www.me.feb.ugm.ac.id
9. Tanggal 5 Januari 2017, tim dengan berkas yang memenuhi penilaian dan
persyaratan akan menerima email “ Confirmation Letter of Acceptance ” dan mini
VI. BENTUK KEGIATAN
Bentuk dari kegiatan ini merupakan sebuah kompetisi yang memberikan kesempatan untuk mahasiswa/i mempresentasikan atau memaparkan suatu permasalahan dari sudut pandang disiplin ilmu yang berbeda mengenai Sociopreneur Kreatif Terhadap Kemajuan Potensi Daerah Indonesia yang terdiri dari 20 delegasi se indonesia.
VII. NAMA ACARA                                                                     
            IDEAS (INDONESIA STUDENTPRENEUR) SUMMIT BATCH #3
VIII. TEMA ACARA”
“MEWUJUDKAN SOCIOPRENEUR KREATIF TERHADAP KEMAJUAN POTENSI DAERAH INDONESIA”
IX. PESERTA DELEGASI UNIVERSITAS SRIWIJAYA
Pendelegasian Lomba ideas (indonesia studentpreneur) summit batch #3 dilakukan melalui pendaftaran dari universitas dan pengisian formulir lomba. Untuk universitas yang merupakan universitas delegasi resmi ideas (indonesia studentpreneur) summit batch #3 seperti Universitas Sriwijaya, pengiriman delegasi dalam ideas (indonesia studentpreneur) summit batch #3 yaitu 3 orang. Berdasarkan penilaian, seleksi, proposal dan keputusan juri ideas (indonesia studentpreneur) summit batch #3 Universitas Gajah Mada didapatkan 3 orang delegasi dari Universitas Sriwijaya, yaitu :

NO
NAMA
NIM
JURUSAN
NO.HP
1
Ade Irma Juita

Ilmu Administrasi Negara

2
Indri Amrina R
07011181520177
Ilmu Administrasi Negara

3
Rusdianto
07011181520192
Ilmu Administrasi Negara
082281876096
X. MISI PENDELEGASIAN UNIVERSITAS SRIWIJAYA
Menjadi perwakilan Universitas Sriwijaya pada khususnya dan Indonesia pada umumnya dalam acara Ideas (indonesia studentpreneur) Summit Batch #3 Universitas Gajah Mada”
1.             Mengajak orang-orang di daerah lain untuk berkunjung ke Provinsi Sumatra Selatan.
2.             Menyebarkan keunikan budaya Provinsi Sumatera Selatan kepada orang-orang di provinsi lain.
3.             Membawa nama baik serta pencitraan terhadap Universitas Sriwijaya yang telah memberi bantuan dana.
XI. ANGGARAN DANA
(Terlampir)
XII. PENUTUP
Proposal Pendelegasian ini kami buat dengan sesungguhnya dan terima kasih sekali lagi terhadap  semua  pihak  yang telah membantu terwujudnya Pendelegasian Mahasiswa Universitas Sriwijaya dalam mengikuti Ideas (indonesia studentpreneur) Summit Batch #3 Universitas Gajah Mada Semoga segala sesuatu yang didapat disana dapat menjadi ilmu bermanfaat bagi kami semua dan semakin meningkatkan peran Universitas Sriwijaya pada khususnya, Sumatera Selatan, dan Indonesia pada umumnya dalam taraf nasional dan Internasional. Perencanaan yang baik adalah langkah kesuksesan, oleh karena itu kami mengharap saran serta masukan dari pihak-pihak yang berkenan untuk mengawasi serta membimbing kami ke arah kesuksesan tersebut. Semoga Allah SWT memberkahi kegiatan kami ini demi terbentuknya pergerakan mahasiswa yang siap dan tanggap untuk menjawab tantangan ke depan.



LEMBAR PENGESAHAN DELEGASI LOMBA
UNIVERSITAS SRIWIJAYA
IDEAS (INDONESIA STUDENTPRENEUR) SUMMIT BATCH #3 UNIVERSITAS GAJAH MADA
Yogyakarta, 07-09 Maret 2017

Ketua Delegasi
Ideas (indonesia studentpreneur) Summit Batch #3 UGM
Yogyakarta 2017




Rusdianto
NIM. 07011181520192
Indralaya, 16 Januari 2017
Wakil Dekan III
 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Sriwijaya





Dr. Andries Lionardo, M.Si
NIP. 197905012002121005
 






Wakil Rektor III Universitas Sriwijaya



Dr. dr. Mohammad Zulkarnain, M.Med.Sc
       NIP. 196109031989031002




dr. Erial Bahar, M.Sc
NIP. 131 604 352


Wakil Rektor III
Universitas Sriwijaya






Dr. dr. Mohammad Zulkarnain, M.Med.Sc
       NIP. 196109031989031002

Mengetahui,






LAMPIRAN DANA
  No
Rincian

Biaya
(Rupiah/IDR)
Total
(Rupiah/IDR)
1
Pendaftaran per tim
 (135.0000 IDR)
  Rp 135.000,-
Rp 135.000-
2
Final fee
(3 orang x 850.000)
Rp 2.550.000,-
Rp 2.550.000,-
2
Tiket Pesawat + Passenger
Service Charge Palembang – Yogyakarta Pergi
(3 orang X Rp 1.000.000,-)
Rp .3.000.000,-
Rp .3.000.000,-
3
Tiket Pesawat + Passenger
Service Charge Yogyakarta – Palembang Pulang
(3 orang X Rp1.000.000,-)
Rp .3.000.000
Rp .3.000.000,-
4
Perlengkapan yang dibutuhkan untuk pembuatan produk
-Pena Bambu
-kain Songket
Plastik Transparan+pita kawat

Rp 720.000,-
Rp 720.000,--

Penyewaan baju adat Palembang
(3 orang x Rp 300.000)
Rp 900.000,-
Rp 900.000,-
5
Uang Saku
(3 orang X 4 hari X Rp150.000)

Rp 1.800.000,-

Rp 1.800.000,00-
Total
Rp 12.105.000,-
NB:
Total dana yang dibutuhkan untuk pengiriman delegasi Universitas Sriwijaya untuk IDEAS (INDONESIA STUDENTPRENEUR) SUMMIT BATCH #3 UNIVERSITAS GAJAH MADA adalah : Rp 12.105.000
Terbilang: Dua Belas Juta Seratus Lima Ribu Rupiah”.





 

2 komentar:

  1. Hallo kak, saya juga mahasiswa unsri Juga mau tanya, cara ngajuin proposal ke rektorat unsri itu gimana ya. Sebelumnya maaf karena saya masih awam. Mohon pencerahan nya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek di postingan terbaru kak @Chairu Niza

      Hapus